Kisah Hobi Saya Merakit Papercraft (Kerajinan dari Kertas)



Hobi merakit papercraft saya tekuni ketika PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan di SDN 1 Mlati Lor Kudus pada bulan September 2016 jadi masih tergolong baru. Berawal perbincangan saya dengan teman saya di kampus tentang memberikan reward kepada siswa-siswi SD saat PPL, muncullah sebuah ide untuk merakit papercraft karena benda tersebut masih awam bagi orang-orang sekitar dan bisa diajarkan kepada siswa SD terutama saat muatan Seni Budaya. Papercraft sendiri memiliki arti hasil dari pengembangan seni origami, seperti yang diketahui origami adalah seni melipat dengan menggunakan 1 kertas sehingga papercraft adalah seni melipat menggunakan 1 kertas atau lebih.

Papercraft 3D Hewan Hamster

Mulailah saya kepo tentang papercraf dan searching di internet perihal hobi baru saya ini. Ternyata banyak sekali model-model papercraf seperti danbho, 2D dan 3D. Nah yang saya tekuni adalah jenis  danbho dan 3D.  Sudah banyak sekali papercraf yang telah saya buat seperti danbho gundam dan berbagai karakter anime naruto serta one piece, 3D papercraf pokemon, hewan, bangunan, kamen rider, manusia dan lain-lain.

3D hewan Tupai

Setelah mengetahui cara merakit papercraft,  kemudian saya sharing ke teman-teman PPL di SDN 1 Mlati Lor Kudus dan mereka juga ikut membuatnya guna sebagai alat peraga ataupun reward. Papercraft juga bisa untuk hadiah ke orang-orang special lho haha. Hobi ini juga saya lanjutkan ketika Penelitian Skripsi di SDN 03 Bugel Kedung Jepara. Saya menggunakan papercraft sebagai salah satu alat peraga saat pembelajaran di kelas. Siswa-siswa yang masih asing dengan papercraft sangat senang dan antusias.

Melatih anak-anak membuat papercraft menara Eiffel

Saking seringnya saya membuat, kamar kos dan kamar tidur rumah dipenuhi papercraft yang terpampang di meja dan dinding. Itung-itung buat hiasan haha. Bagi saya, kegiatan yang menyenagkan memberikan kepuasan tersendiri apalagi jika membuat sebuah produk dengan kerja keras sendiri. Hasilnya pun bisa dipajang di rumah dan di uploadke sosmed xD. 

Sebagai reward siswa yang paling aktif

Nah bagi kalian yang ingin mempelajari senin papercraft jangan takut sebagai pemula karena instruksi menggunting, melipat dan menge-Lem sudah tertera jelas di gambar sehingga mudah sekali untuk mempelajarinya. 

Danbo Gundam

Lalu darimana saya mendapatkan file rancangan papercraf? tentu saya mendownload di internet, antara lain: 

Danbo Sonic dan Gundam 

Canon/C-park untuk papercraf bentuk hewan, bangunan, orang dan kendaraan

Pokemon papercraft untuk  papercraf bentuk pokemon dan berbagai hewan fantasi

Paper replika untuk papercraft danbho (kotak) anime one piece dan anime lainnya



Sedangkan untuk lainnya seperti kamen rider, gundam dan sonic saya mendownload searching di google *maaf lupa websitenya hehe

Alat dan bahan yang diperlukan:
1. Kertas foto atau jika ingin ngirit gunakan kertas karton HVS warna putih yang tebal ukuran F4/A4. Ingat warna putih


2. Lem UHU, lem ini seperti lem FOX, dipilihnya lem ini karena proses melekatnya sangat cepat


3. Gunting

Langkah-langkah membuat papercraft
1. Download file/gambar rakitan papercraft
2. Print gambar tersebut *print nya warna ya
3. Gunting bagian-bagian papercraft *jika membuat yang 3D banyak bagian-bagian gambar yang kecil sehingga harus hati=hati
4. Lipat sesuai arahan yang ada di gambar yang sudah di gunting *bagian-bagian gambar yang ada garisnya menandakan bagian yang dilipat
5. Setelah semua dilipat, maka selanjutnya menge-Lem *tanda titik di bagian-bagian gambar menunjukkan yang harus di lem
6. Menggabungkan bagian yang satu dengan lainnya
7. Jadilah Papercraf

Kesan saya: awalnya memang sedikit bingung tapi setelah kedua kali dan seterusnya jadi paham karena instruksi pada gambar rakitan sangat mudah dipahami


           Owl dan Tikus                       Kucing Anggora                           Naga

Terima kasih sudah berkunjung

0 Response to "Kisah Hobi Saya Merakit Papercraft (Kerajinan dari Kertas)"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak Anda dan terima kasih telah berkunjung anakrantaujepara.blogspot.com. Semoga artikel yang telah Anda baca dapat bermanfaat. Yosha!!!